CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
Selamat datang!!! Blog ini akan membantu anda untuk mengetahui lebih dalam tentang tari saman. Kunjungi da ikuti terus ;) ::: Welcome!!! this blog will help you to find out more about saman dance. Keep visit and follow, cheers ;)

Sabtu, 29 Januari 2011

Mengapa Tari Saman Banyak Diminati Oleh Pelajar SMA??

Mengapa menjadi popular di kalangan remaja ?
Mungkin pertanyaan ini yang terlintas di benak anda dan mungkin juga saya. Mengapa tidak?? saya adalah seorang pelajar SMA di Jakarta dan saya memilih tari saman untuk kegiatan ekstrakurikuler (non akademik) di sekolah saya. Mengapa saya memilih tari saman?? Ketika pertama kali melihat tari saman yang pertama kali terlintas dibenak saya adalah... kok mereka bisa ya menari secepat itu?? berapa lama mereka latihan?? karena itulah saya berminat untuk belajar tarian yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam ini. Menurut saya tari saman adalah tarian yang sangat membutuhkan konsentrasi tinggi penarinya. Tari saman identik dengan gerakan mengalun (lambat diawal) lalu kemudian lama kelamaan bertambah cepat dan sampai pada klimaksnya yaitu gerakan yang tercepat. Tari Saman adalah tari tradisional yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi. Untuk menguasai gerakan tari Saman secara sempurna peserta harus mempunyai ketahanan fisik yang tinggi, kecepatan gerakan tangan, badan, dan kepala yang sinkron antara sesama anggota tari, serta pemahaman secara benar akan makna lagu. Tari saman tidak hanya dilihat dari seberapa cepat penari bisa melakukan gerakan tarian tapi bagaimana para penari menari dengan kecepatan tinggi namun bisa mempertahankan kerapihan gerakannya. Oleh sebab itu perlu latihan dan disiplin para peserta untuk menghasilkan tari Saman yang memukau. Karena tari saman merupakan tarian yang terdiri dari 10-20 orang. Tidak mudah untuk menyatukan tingkst emosi para penari yang berbeda-beda menjadi satu kesatuan sehingga terciptalah tari saman yang dapat memukau orang yang menonotnnya. Disiplin dalam latian sangat diperlukan karena kekompakan tidak bisa terbangun dalam waktu sekejap, waktu latihan yang panjang juga diperlukan untuk kesempurnaan gerak tangan, bahu, kepala dan harmoni berbagai blocking (formasi) yang bisa diubah-ubah.

Menurut pengamatanku tari Saman kerap dipertandingkan di kalangan SMA karena berbagai hal, misalnya: 
  • Tingkat kesulitan yang tinggi dari tari Saman menimbulkan keinginan untuk menunjukan tingkat kompetensi antar sesama pelajar.
  • Tari Saman menimbulkan rasa berkompetisi yang sehat dan merangsang kreativitas.
  • Penjiwaan terhadap gerakan-gerakan tari, saat mana harus lemah gemulai saat mana harus cepat menghentak. Ada emosi saat menari. Penari juga dituntut untuk bisa menyanyi selain menari.
  • Mimik atau ekspresi kala menari, karena mimik menciptakan komunikasi dengan penonton, kapan senyum, kapan harus benar2 mengikuti arah pandangan mata sesuai tariannya.
  • Menimbulkan rasa kebanggaan mampu menari Saman dengan baik dan betul.
  • Menimbulkan rasa cinta tari tradisional Indonesia yang positif daripada lomba tari yang bukan berasal dari budaya sendiri.
http://ariyatim.blogspot.com/2008/12/tari-saman.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.